Move to Movable Type

| No TrackBacks

Setelah Coret Moret dipindahkan di server yang mendukung pemrograman, menjadi menarik juga mempertimbangkan pemakaian alat bantu CMS. Setelah generasi Nuke — yang tampaknya terlalu ramai dan kompleks untuk situs Web personal — sampailah saya pada generasi Weblog.

Sekalipun Weblog atau Blog sudah terdengar cukup lama, namun selama ini masih saya hindari karena beberapa hal. Pertama, saya anggap terlalu centil (saya faham hal ini potensial mengundang debat kusir, silakan berkomentar yang sopan). Kedua, arsip yang direncanakan akan ditulis di Coret Moret bukan jurnal aktivitas berdasarkan referensi waktu, melainkan mayoritas berupa respon terhadap kondisi tertentu atau gagasan yang memang muncul sebagai inisiatif.

Dengan perkataan lain, apabila mau diorganisir, tulisan di Coret Moret lebih dapat disusun berdasarkan kategori tertentu, dibanding terhadap kerangka waktu (timeframe). Tentu saja bukan harga mati, karena pada penulisan berikutnya, kerangka waktu itu masih bisa digunakan. Tampaknya mengunggah (upload) semua arsip pun tidak dapat dihindari harus menggunakan skala waktu.

Jadi, hasilnya: tulisan yang sudah jadi dari periode lalu dipasang pada tanggal sekian, diselang-seling dengan tulisan baru. Fasilitas yang tersedia di Movable Type juga menyediakan kategori, sehingga dapat memudahkan untuk arsip.

Yang sedikit agak mencemaskan, karena tergantung dengan kondisi banyak hal di server, adalah kemungkinan skalabilitasnya ke depan. Sekurangnya jika harus pindah ke server lain yang lebih baik kualitasnya, prosesnya lebih rumit dan prasyarat tempat hosting harus mendukung prasyarat Movable Type.

Alhasil, selamat menikmati Coret Moret.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/17

Google Friend Connect

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on August 9, 2003 7:50 AM.

Al Awwalu was the previous entry in this blog.

Anakronisme? is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Pages

  • About
  • Contact
OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261